Definisi Mendidik.



Definisi tentang Mendidik, Mengajar, Membimbing, Mengarahkan, Melatih, Menilai, dan mengevaluasi.
1.      Mendidik
Mendidik adalah mengajak, memotivasi, mendukung, membantu dan menginspirasi  orang lain untuk melakukan tindakan positif yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain atau lingkungan. Mendidik lebih menitikberatkan pada kebiasaan dan keteladanan.
Contoh penerapan jika saya melihat ada siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya maka saya sebagi seorang guru menegur siswa tersebut agar membuang sampah pada tempatnya dan memberikan nasihat kepada siswa tersebut dampak dari membuang sampah sembarangan.
2.      Mengajar
Mengajar adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh guru untuk membantu atau memudahkan siswa  melakukan kegiatan belajar. Prosesnya dilakukan dengan memberikan contoh kepada siswa atau mempraktikkan keterampilan tertentu atau menerapkan konsep yang diberikan kepada siswa agar menjadi kecakapan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh penerapanya sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung saya menyiapkan perencanaan kegiatan belajar sperti RPP, Strategi, media pembelajaran, metode, materi, sumbr belajar, langkah-langkah pembelajaran,sampai dengan penilaian.
3.      Membimbing
Suatu proses yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan bahan ajar untuk mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan pendekatan tertentu yang sesuai dengan karakter siswa. Membimbing juga dimaksudkan untuk membantu siswa agar menemukan potensi dan kapasitasnya, menemukan bakat dan minat yang dimilikinya sehingga sesuai dengan masa perkembangan dan pertumbuhannya.
Contoh penerapannya ketika pelajaran/kegiatan/praktek menggambar disitu saya juga mencari potensi anak yang bisa dikembangkan lebih lanjut.
4.      Mengarahkan
Mengarahkan adalah suatu kegiatan yang dilakukan guru kepada peserta didik agar dapat mengikuti apa yang harus dilakukan agar tujuan dapat tercapai. Mengarahkan bukan berarti memaksa, kebebasan peserta didik tetap dihormati dengan tujuan agar tumbuh kreativitas dan inisiatif peserta didik secara mandiri.
Contoh penerapannya adalah lanjutan dari proses membimbing ketika saya sudah menemukan siswa yang berbakat  menggambar  kemudian saya arahkan siswa tersebut  untuk mengembangkan bakat tersebut dengan menyarankan ikut les menggambar.
5.      Melatih
Melatih pada hakekatnya adalah suatu proses kegiatan untuk membantu orang lain (atlet) mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam usahanya mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia pendidikan tugas guru adalah melatih siswa terhadap fisik, mental, emosi dan keterampilan atau bakat.
Contoh penerapannya melatih siswa terhadap fisik, mental, emosi dan keterampilan atau bakat dengan cara ekstra kurikuler disitu siswa dapat melatih fisik, mental, emosi dan bakat
6.      Menilai
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.Tugas guru adalah menilai siswa pada aspek keterampilan, sikap dan pengetahuan. Tujuannya untuk mengukur sejauhmana kompetensi siswa setelah proses belajar mengajar selesai dilaksanakan.
Contoh penerapannya saya melakukan penilaian disetiap pembelajaran, penilaian ulangan, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester.
7.      MengevaluasiMengevaluasi dapat dimaknai sebagai suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan program telah tercapai. Evaluasi ditujukan untuk mendapatkan data dan informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf  kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar  siswa, serta keefektifan pengajaran guru. Evaluasi pembelajaran mencakup kegiatan pengukuran dan penilaian.
Contoh penerapannya saya mengevaluasi nilai siswa pada setiap pemblajaraan, dari nilai itu guru melakukan evaluasi secara sistematis dan kontinu agar dapat mengetahui taraf kemajuan siswa.

Comments

Popular posts from this blog

PENTINGNYA KESADARAN DAN WAWASAN PERSPEKTIF GLOBAL

Tugas 2 , Pendidikan Kewarganegaraan